Beranda >

Berita > Bisa Cegah Stunting, Yantie Rachim Ajak Kaum Ibu Konsumsi Tempe


18 Oktober 2019

Bisa Cegah Stunting, Yantie Rachim Ajak Kaum Ibu Konsumsi Tempe

Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor Yantie Rachim mengajak kaum ibu untuk banyak mengonsumsi tempe. Selain kaya akan manfaat, rupanya tempe juga mampu untuk mencegah stunting atau masalah kurang gizi.

Hal tersebut diungkapkan Yantie usai menghadiri kegiatan bersama Indonesian Tempe Movement (ITM) di Bianco Costel, Jalan Andi Hakim Nasution, Bogor Tengah, Jumat (18/10/2019) lalu.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Komunitas Pejalan Kaki, Persatuan Dharma Wanita, Ikatan Komunitas Istri Anggota Dewan, Persatuan Organisasi Wanita, dan Komunitas Cinta Berkain. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap akhir pekan Istri Wakil Wali Kota Bogor bersama organisasi wanita untuk berdiskusi, sekaligus menambah wawasan terkait apapun.

Minggu ini, Yantie Rachim menggandeng Founder & Coordinator ITM Wida Winarno dalam memberikan materi terkait manfaat Tempe. Menurut Wida, manfaat dari Tempe sendiri diklaim dapat mengatasi permasalahan stunting.

"Kepada para kaum ibu betapa besar manfaat dari tempe itu. Bahkan, tempe bisa untuk mencegah stunting karena banyak terkandung nutrisi yang kaya akan protein, rendah lemak, sumber kalsium, sumber vitamin B12, antioksidan, dan fosfor," ungkap Yantie.

Sementara itu, Wida menambahkan, penderita stunting biasanya kekurangan kandungan protein dan kalsium. Sementara kandungan dari tempe sendiri, menurutnya, kaya akan protein dan kalsium sehingga kemungkinan besar dapat mengatasi persoalan tentang stunting tersebut.

"Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa kandungan nutrisi dari tempe kaya akan manfaat. Jadi melalui kegiatan ini saya berharap para peserta dapat ilmu yang bisa dibawa pulang dan merasa bangga dengan Tempe Indonesia. Kemudian juga diharapkan bisa sama-sama berbuat sesuatu untuk masyarakat," ujarnya.

Dalam kegiatan kali ini, Yantie Rachim juga mengajak para peserta berjalan santai mengitari seputar Kebun Raya Bogor. Dalam kegiatan Jumat Ceria ini, Yantie berharap bisa terus dilakukan setiap minggunya. Selain ajang silaturahmi, ia juga berharap agar para kaum ibu bisa membawa ilmu yang bermanfaat dari setiap kegiatan yang dilakukannya. (Humpro :Alif/Ryan/pri)