Beranda >

Berita > Antisipasi Bencana, BPBD Gelar Pelatihan


22 Mei 2015

Antisipasi Bencana, BPBD Gelar Pelatihan

Sebanyak 50 orang perwakilan dari 24 Kelurahan dan komunitas komunikasi mengikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana dan Sosialisasi Barisan Sukarelawan Kebakaran yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor di Bina Sena Ciawi, Jumat (22/5).Pelatihan yang melibatkan berbagai unsur masyarakat dan akan berlangsung selama 2 hari ini dan dibuka secara resmi Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman.

Menurut Usmar bencana itu datangnya tidak diketahui oleh karenanya harus diantisipasi dengan langkah-langkah yang tepat dan salah satunya melalui pelatihan ini. "Lebih baik sedia payung sebelum hujan yang artinya lebih baik mengantisipasi sebelum datangnya bencana. Terimakasih kepada BPBD yang telah menggelar kegiatan ini dan kepada peserta mudah-mudahan pengorbanan dan keikhlasan hari ini merupakan pilihan terbaik untuk bisa membantu sesama," lanjutnya.

pelatihanbencana122

Kepala BPBD Kota Bogor Ganjar Gunawan yang juga turut memberikan arahan kepada para peserta saat ditanya tujuan digelarnya pelatihan ini mengatakan untuk melatih masyarakat dari kesiapsiagaan menghadapi bencana. "Bencana itu datang tidak bisa diduga atau diprediksi. Untuk mengurangi dampak bencana harus ada pengetahuan tentang kewaspadaan dan kesiapsiagaan," papar Ganjar. 

Ganjar melanjutkan urusan bencana itu bukan hanya urusan pemerintah, tetapi masyarakat dan dunia usaha harus punya kepedulian. "Melalui pelatihan inilah kami menginformadikan kepada unsur-unsur masyarakat agar semuanya memahami pentingnya kesiapsiagaan dan kewaspadaan," imbuhnya.

Ditambahkan Ganjar yang akan memberikan materi dan pelatihan yaitu dari BNPB Pusat dan BPBD Provinsi. "Mereka akan memberikan informasi dan sosialisasi sehingga masyarakat Kota Bogor memahami tupoksi BPBD itu seperti apa," pungkasnya. (Tria)