Beranda >

Berita > Usmar Himbau Generasi Muda Jauhi Narkoba


29 Juli 2015

Usmar Himbau Generasi Muda Jauhi Narkoba

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2015 diikuti perwakilan pelajar se Kota Bogor. Beberapa sekolah yang turut berpartisipasi dalam upacara di Plaza Balaikota Bogor, RAbu (29/07) diantaranya SMPN 2 Bogor, SMKN 1 Bogor, SMAN 6 Bogor, SMA Plus YPHB, dan SMA Regina Pacis.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Bogor Usmat Hariman mengingatkan akan bahaya narkoba. “Indonesia saat ini sudah memasuki fase darurat narkoba. Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) bahwa Indonesia telah mencapai 4 juta jiwa penyalahgunaan narkoba. Bukan hanya dari kalangan dewasa saja, tapi dari kalangan remaja dan anak-anak pelajar yang sudah banyak memakai narkoba,” ungkap Usmar.

Untuk itu diakui Usmar peran pemerintah sangat diperlukan dalam menyelamatkan generasi penerus bangsa. “Kita harus bersama-sama menyelamatkan generasi pelajar yang sangat rentan terhadap narkoba,“ katanya. Pemerintah Kota Bogor, lanjut Usmar, telah melakukan beberapa upaya, salah satunya melalui Dinas Pendidikan dengan melakukan edukasi selama masa orientasi pelajar baru ditingkat SD/ SMP/ SMA.

Salah satu pelajar yang ditemui usai upacara peringatan HANI 2015 di plaza Balaikota mengungkapkan sebagai pelajar diusahakan jangan sampai terpengaruh narkoba. “Sebisa mungkin menjauh dari hal-hal tersebut. Mengikuti kegiatan organisasi sekolah dan aktif ekstrakurikuler merupakan salah satu cara saya menjauh dari narkoba,“ kata Alif pelajar SMAN 6 Bogor. Pelajar yang lain mengungkapkan bahwa untuk menjauhi narkoba diperlukan peran orangtua dan keluarga dalam mendidik anak dari usia dini “Semoga Indonesia  bisa menjadi bangsa yang bebas dari narkoba,“ ujar Dela Siswi dari SMKN1 Bogor. (Cikal/Chiko/Rahmat/Refy/Lulu/Agus)