Beranda >

Berita > Bima : Penerapan IT untuk Transparansi, Efektivitas dan Partisipasi Masyarakat


24 Maret 2016

Bima : Penerapan IT untuk Transparansi, Efektivitas dan Partisipasi Masyarakat

Walikota Bogor Bima Arya menyatakan bahwa salah satu kunci sukses bagi seseorang adalah mampu membaca tanda -tanda zaman.  Semua orang hebat di eranya, bisa membaca tanda-tanda zaman, berpikir dan merencanakan jauh ke depan. Bahkan dalam Alquran dan sejumlah penelitian jelas menyatakan pentingnya mengupdate informasi untuk menjawab tanda-tanda jaman. Demikian dikatakan Bima saat menjadi nara sumber dalam acara COMMIT FEST 2016 di Aula UIKA Bogor, Jl. Sholeh Iskandar Dinata Bogor, Kamis (24/3/2016).

Bima mengatakan bahwa ke depan Teknologi dan Informasi akan memegang peranan penting. IT sudah berkembang demikian pesatnya. Bila tidak bisa mengikutinya, jalan salah bila nanti akan tersesat.  “Perubahan yang dahsyat membuat yang tidak siap dan tidak mampu mengikuti perkembangan IT akan tertatih-tatih," pesan Bima.

Untuk itu, Pemerintah Kota Bogor saat ini tengah melakukan adaptasi teknologi. Penerapan teknologi yang saat ini dijalankan Pemerintah Kota Bogor menurut Bima bertujuan untuk tiga hal, yaitu trasparansi, efektifitas dan partisipasi warga. “Hanya dengan one click away, semua menjadi mudah dengan teknologi.  Namun teknologi juga bagaikan dua sisi mata koin, ada manfaat dan mudharat. Semua pilihan kembali  kepada kita," cetusnya.

Dengan perkembangan IT, warga Kota Bogor yang terdiri dari berbagai lapisan dapat memberikan kontribusi bagi Pemerintah Kota Bogor melalui gadgetnya masing-masing. Pegawai Pemkot Bogor akan semakin bekerja dengan tertib dan masyarakat juga bisa melakukan monitoring. (rahmat/agus/ismet).