Beranda >

Berita > Motivasi Ibu Pantau Perkembangan Bayi, Dinkes Kembali Gelar Lomba Balita Sehat


31 Mei 2016

Motivasi Ibu Pantau Perkembangan Bayi, Dinkes Kembali Gelar Lomba Balita Sehat

Acara tahunan Lomba Bayi Balita Sehat Indonesia tingkat Kota Bogor kembali digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor. Kegiatan ini merupakan puncak dari lomba yang sudah dilaksanakan di setiap kecamatan  dan turut memeriahkan peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke 534 tahun 2016. Dengan merangkul UPTD Puskesmas dan TP PKK Kota Bogor, acara ini berlangsung Selasa (31/05/2016) di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ummi Kota Bogor.   

“Kegiatan ini diselenggarakan agar dapat memantau perkembangan anak balita di Kota Bogor, memupuk kesadaran orang tua, serta mengawasi kebutuhan balita,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, dr. Rubaeah. Pada lomba ini setiap peserta akan diperiksa kesehatannya secara umum, gizinya dan juga psikologis perkembangannya. Selain itu juga dilakukan tes  pengetahuan ibu peserta tentang kesehatan dan gizi balita.      

Melalui kegiatan ini diharapkan akan terpilih bayi dan balita yang sehat dan cerdas, yang merupakan generasi penerus. Selain itu acara ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi para ibu untuk selalu menimbang bayinya ke Posyandu untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhannya.

Selain itu juga kegiatan ini sekaligus untuk mengapresiasi para orang tua yang sudah mendidik dan merawat bayi-bayinya menjadi bayi balita yang sehat. “Selain itu juga kita ingin bayi balita ini menjadi anak yang sehat dan menjadi motivasi ibu-ibu yang lain yang belum memanfaatkan Posyandu yang ada di wilayah. Dan kita ingin mengetahui secara dini kalau ada penyakit yang diderita oleh bayi balita,” jelasnya. Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dinkes Kota Bogor dr. Rubaeah ini turut dimeriahkan penampilan tari anak-anak TK. (Gus) dkw