Beranda >

Berita > Waspadai Bahaya Laten, Kesbangpol Kembali Gelar Forkonkomda


31 Mei 2016

Waspadai Bahaya Laten, Kesbangpol Kembali Gelar Forkonkomda

Untuk meningkatkan kewaspadaan dini dan pencegahan terhadap timbulnya ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bogor menggelar kegiatan Forum Konsultasi dan Komunikasi Daerah (Forkonkomda) 2016. Acara berlangsung di gedung Bale Seda BKPP Wilayah I, Selasa (31/5).

Kegiatan yang diikuti 74 Kepala Seksi Trantib Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Bogor ini, menurut Asisten Tata Praja Hanafi, penting dilakukan. Terutama untuk menyamakan persepsi terkait dengan antisipasi pengamanan terhadap bahaya laten yang sudah ada tanda-tandanya. Sebagai contoh adanya bendera palu arit dan kejadian lainnya beberapa waktu lalu. “Pemerintah Kota Bogor berkepentingan mengantisipasi yang sifatnya preventif,” ujar Hanafi pada saat membuka acara.

Hanafi menambahkan, di lingkungan pemerintah daerah yang punya fungsi pengamanan perlu diberikan pembekalan dan wawasan terkait dengan tindakan-tindakan preventif yang harus dilakukan secara umum. Terutama dari badan intelijen. Pemerintah juga perlu mewaspadai ormas-ormas yang mempunyai kecenderungan tidak sejalan dengan Pancasila dan UUD 1945. “Jadi pemahaman yang sama harus dikembangkan antara pemerintah daerah, kepolisian dan TNI,” tandasnya.

Kepala Seksi Penanganan Masalah Strategis pada Kesbangpol Kota Bogor Mohamad Isa mengungkapkan, dasar penyelengaraan kegiatan ini adalah Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 29 tahun 2011 tentang Pedoman Pemerintah Daerah dalam rangka sosialisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada aparatur wilayah agar senantiasa mewaspadai isu-isu lokal maupun nasional yang dapat mengganggu stabilitas kamtibmas di wilayahnya masing-masing. Sehingga dapat meningkatkan kewaspadaan terutama yang berkaitan dengan ideologi lain yang bertentangan dengan Pancasila.  Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan ini antara lain Kodim 0606 Kota Bogor dan Kepala Kantor Kesbangpol Kota Bogor Fordinan. (Tria/Lani) dkw