Beranda >

Berita > Luxtax Tawarkan Teknologi Smart City


29 Juni 2016

Luxtax Tawarkan Teknologi Smart City

Monotoring pajak daerah memang menjadi perhatian khusus Pemerintah Kota Bogor. Tak ayal penggunaan teknologi sangat diperlukan untuk memastikan pembayaran pajak yang dilakukan wajib pajak sudah sesuai. Salah satunya menggunakan mesin Tapping Box yang disimpan di cash register hotel, restoran hingga bioskop di Kota Bogor.

Hal yang sama pun coba ditawarkan perusahaan asal Jakarta Luxtax Technology melalui audiensi dengan Wakil Walikota Rabu (29/6/2016) di Ruang Rapat II. Luxtax memaparkan berbagai jenis teknologi yang mengarah pada penerapan smart city. Salah satunya yakni sistem monitoring tax atau biasa dikenal mesin Tapping Box.

Wakil Walikota Bogor Usmar Hariman mengatakan sistem tapping box saat ini sudah tersedia sekitar 200 buah yang dipasang di restauran, bioskop, dan hotel. “Pajak restauran, hotel masih menjadi unggulan pendapatan daerah yang harus terus ditingkatkan dengan teknologi dan instrumen,” ujarnya.

Direktur utama Luxtax Technology Eko Wahyudi mengklaim, kelebihan dari sistem Tapping Box miliknya selain dapat dicek melalui aplikasi mobile juga lebih efisien. Karena di satu tempat cukup dengan satu mesin walaupun cash register lebih dari satu. “Data tapping box dapat diakses dengan jaringan 3G atau 2G sementara harga mesin rata-rata sekitar 7 juta sampai 10 juta disesuaikan banyak sedikitnya produksi,” imbuh Eko.

Eko menambahkan, perusahaannya memang sedang fokus mengembangkan teknologi smart city. Tak hanya Tapping Box ia juga mempunyai teknologi smart parking untuk parkir di badan jalan. Smart Parkirng merupakan aplikasi yang dapat mengetahui lokasi parkir yang tersedia termasuk pembayaran secara online. “Aplikasi ini sudah ready dan pilot project dilakukan di Batam karena yang secara karakteristik masyarakat dan wilayah tidak terlalu padat sekaligus atas permintaan dari Pemkot Batam,” pungkas Eko. (fla) dkw