31 Juli 2016
Perda OPD Harus Siap Akhir Agustus 2016
Lahirnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah membuat pemerintah kota dan kabupaten harus mengubah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Terkait dengan itu, Jumat (29/7), Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menggelar rapat pembahasan penataan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bogor.
Menurut Ade, PP Nomor 18 Tahun 2016 yang menggantikan PP Nomor 41 Tahun 2007 berkaitan dengan tipologi OPD. Untuk itu Pemkot Bogor sudah menyusun OPD berdasarkan tipologi A, B dan C sesuai dengan skornya. Ade mengingatkan pembentukan OPD baru perlu didukung Peraturan Daerah. Sebab perubahan OPD bukan saja menyangkut keberadaan OPD tetapi juga terkait anggaran, infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat penting dalam perjalanan Pemkot Bogor kedepan.
“Perda tersebut sudah harus ada 25 Agustus 2016 mendatang, dan setelah itu dalam waktu enam bulan akan dilakukan pengangkatan dan pengukuhan OPD,” jelas Ade. Sementara itu Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang sudah ada belum mengakomodir perubahan OPD. Hal ini karena PP 18 terbit setelah PPAS dibuat sehingga menjadi pekerjaan cukup berat bagi Pemkot Bogor untuk kembali menyusun berbagai regulasi. “Kami sudah mendapat arahan dari Dirjen termasuk Ketua Dewan yang pasti juga akan menyetujuinya,” pungkas Ade. (Ulfa-Mor)
Daftar Nama OPD di Lingkungan Pemkot Bogor
-
Dinas Pendidikan
-
Dinas Kesehatan
-
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
-
Dinas Perumahan dan Pemukiman
-
Dinas Pemadan Kebakaran
-
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)
-
Dinas Sosial
-
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
-
Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak
-
Dinas Ketahanan Pangan
-
Dinas Lingkungan Hidup
-
Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil
-
Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
-
Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ)
-
Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian
-
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
-
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
-
Dinas Pemuda dan Olahraga
-
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
-
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan
-
Dinas Pertanian
-
Dinas Perindustrian dan Perdagangan
-
Sekretaris Daerah
-
Inspektorat
-
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur
-
Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
-
Badan Pendapatan Daerah
-
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)
-
Sekretaris Dewan
-
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)
-
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
-
Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)
-
Sekretariat Korpri
-
Kecamatan Bogor Timur
-
Kecamatan Bogor Tengah
-
Kecamatan Bogor Selatan
-
Kecamatam Bogor Utara
-
Kecamayan Bogor Barat
-
Kecamatan Tanah Sareal
Eksisting
-
Komisi Pemilihan Umum (KPU)
-
UPTD Puskesmas dan Labkesda
-
UPTD Dinas
Catatan : Nama - nama OPD diatas masih dapat berubah ( Humas )
- Berita Terkini
- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke XXVIII di Paseban Sri Baduga,
- Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui
- Pj Wali Kota Bogor, Hery Antasari menghadiri undangan halalbihalal yang digelar Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor, di Jalan Semeru, Kota B
- Hari pertama bertugas, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari mengawali aktivitasnya berkeliling kantor perangkat daerah yang berada di bawah Se
- Ketua tim pembentukan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Syarifah Sofiah membuka seleksi Paskibraka Tahun 2024 tingkat Kota Bogor di Paseban Sri Bad