Beranda >

Berita > Kondisi Adela Rizky Penderita Kanker Tulang Berangsur Pulih


17 Januari 2017

Kondisi Adela Rizky Penderita Kanker Tulang Berangsur Pulih

Adela Rizky (15),  anak dari pasangan Iriana Soleh (48) dan Beti Supenti (47) ini kini tak bisa lagi menjalankan aktifitasnya seperti biasa. Pasalnya siswi SMKN 1 Bogor ini kini harus terbaring lemah di ruang Dahlia III RS PMI Bogor setelah divonis menderita kanker tulang (osteosarkoma) yang berupa benjolan di tungkai kaki kanannya oleh dokter.

Sebelum dirawat di RS PMI Bogor, Adel (sapaan Adela Rizky) sempat dirujuk ke RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) untuk melakukan rawat jalan. Ketika itu kondisi Adel masih bisa berjalan seperti biasa. Namun ketika Adel sedang menjalani patologi, dokter yang menangani Adel menyarankan Adel untuk beristirahat di rumah (bedrest) agar kondisinya tidak semakin menurun. Adel melakukan rawat jalan di RSCM selama dua bulan lamanya, tanpa ada tindakan medis lain selain hanya diberi obat penahan rasa sakit.

Karena kondisi Adel yang semakin memburuk, akhirnya pihak keluarga membawa Adel ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) RS PMI Bogor, namun karena saat itu kondisi kamar di RS PMI penuh, Adel dipindahkan ke FMC (Family Medical Center) dan sempat dirawat selama beberapa hari disana namun kondisinya malah semakin mengkhawatirkan.

Setelah dirawat di FMC akhirnya Adel kembali dipindahkan ke RS PMI Bogor. Menurut dokter jaga di ruang IGD RS PMI Bogor dokter Arief yang pertama kali menangani Adel, saat masuk ruang IGD kondisinya dalam keadaan lemah, sesak berat dan sulit makan. Kemudian Adel disarankan untuk menjalani rawat inap untuk melakukan pemulihan hingga kondisi membaik. “Saat ini sedang dilakukan pemulihan, nanti ketika kondisinya sudah pulih untuk tindakan dan terapi lebih lanjut akan kembali dirujuk ke RSCM,” ujar dokter Arief ketika ditanya perihal kondisi Adel di RS PMI Bogor, Selasa (17/1/2017).

Kini kondisi Adel berangsur-angsur pulih. Adel saat ini sudah tidak merasakan sesak dan sudah bisa makan seperti biasa. Keluarga Adel kini sedang menunggu koordinasi dari dokter yang saat ini merawat Adel kapan Adel bisa dirujuk kembali ke RSCM untuk mendapatkan tindak lanjut medis yang dibutuhkan. (Reysha/Adul/Bella/Adit-eto)