Beranda >

Berita > Penuh Semangat Nasionalisme, 38 Calon Paskibraka 2017 Dikukuhkan


17 Agustus 2017

Penuh Semangat Nasionalisme, 38 Calon Paskibraka 2017 Dikukuhkan

Sebanyak 38 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dikukuhkan Wali Kota Bogor Bima Arya di ruang Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Rabu (16/08/2017). Pengukuhan tersebut disaksikan pula oleh orang tua dari para Paskibraka dengan penuh haru.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor mengatakan, seleksi Calon Paskibraka ini dilakukan mulai dari tingkat Kecamatan pada Maret lalu yang diikuti 350 peserta dari perwakilan 82 sekolah SMA/SMK/MA sederajat se-kota Bogor. Dari hasil seleksi tingkat Kecamatan terpilih 100 peserta dari 32 sekolah yang maju ke tingkat Kota pada April. "Hasil seleksi pada April terpilih 38 peserta yang dua diantaranya dikirim ke tingkat Provinsi," ujarnya.

Ia menuturkan, seusai seleksi tingkat Kota calon Paskibraka ini ditatar baik secara mental, fisik, kecerdasan, postur dan semangat nasionalismenya. Pasalnya, menjadi Paskibraka bukan hanya sekadar mengibarkan bendera Pusaka saja, tetapi yang terpenting rasa nasionalisme serta cinta tanah air di dalam hati.  "Mereka ini tidak hanya dilatih secara fisik tapi juga diberikan materi bela Negara juga," terangnya.

Sementara itu, Pembawa Baki Richard Hutagalung mengatakan, dirinya sudah mempersiapkan diri secara maksimal untuk pengibaran besok. Hal tersebut karena ia dan teman-temannya sudah dibekali dan latihan secara terus menerus selama diklat. Mulai dari latihan Baris Berbaris, langkah tegap, membuat formasi dan pengibaran hingga materi bela Negara.  "Harapannya pengibaran bendera HUT RI ke-72 berjalan sukses. Merah-Putih harga mati," pungkasnya penuh semangat (fla/hari) SZ