Beranda >

Berita > Untuk meningkatkan Kinerja Pemerintah Kota Bogor


04 November 2014

Untuk meningkatkan Kinerja Pemerintah Kota Bogor

Peningkatan produktivitas kinerja pegawai Pemerintah Kota Bogor terus menjadi perhatian Walikota Bogor, Bima Arya. Hari ini Balaikota kedatangan PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM) yang didampingi Kepala Kominfo Kota Bogor, CHusnul Rozaqi untuk melakukan ekspos di depan Bima Arya mengenai aplikasi yang mampu mendukung peningkatan produktivitas kinerja seluruh pegawainya.di Ruang Kerja Walikota (4/11)

Dalam kesempatan tersebut Telkom menawarkan sebuah aplikasi yang disebut Employee Tracking System. Aplikasi ini mampu melakukan management monitoring dan employee monitoring kepada seluruh pegawai Pemerintah Kota Bogor dan seluruh SKPD terkait.

Management monitoring sendiri berguna dalam memberikan notifikasi jam datang dan pulang (dalam jam kerja), notifikasi ini sendiri akan disampaikan kepada keatasannya, sehingga akan diketahui jika ada pegawai yang terlambat atau pulang cepat. Selain itu, aplikasi ini akan memberikan laporan harian, mingguan, bahkan bulanan kinerja dari para pegawinya. Selain itu, notifikasi terkait absensi, aplikasi ini dapat memantau dengan melakukan tracking pada pegawai yang berada di luar kantor pada jam kerja, ketika pegawai keluar dari batas radius yang sudah ditentukan, maka akan nada alert bagi atasannya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan performa kehadirannya di kantor.

Adapun sistem aplikasi ini dapat diakses melalui website maupun mobile. Setelah pegawai login page maka mereka akan terpantau kegiatan selama masa kerja, aplikasi ini pula akan menampilkan histori kehadiran dan informasi data pribadi. Dan Employee Monitoring System ini akan terintegrasi dengan GIS Map Dashboard, sehingga akan terlihat di peta kemana saja pegawai pergi selama masa kerja.

Sejauh ini, badan pemerintahan yang sudah menggunakan aplikasi dari Telkom ini adalah Pemerintah Makassar. Untuk pengaplikasian program ini di Pemerintah Kota Bogor , Bima Arya masih mempertimbangkan, karena perlu adanya kajian dan pengembangan lebih lanjut terhadap program ini, agar program ini tidak hanya memantau lokasi dan absensi pegawai saja, tetapi lebih lanjut diharapkan dapat memberikan outcome bagi masyarakat. Misalnya diintegrasikan dengan penguduan masyarakat online, sehingga masyarakat dapat memantau sejauh mana keluhannya sudah ditindaklanjuti.

Selain program tersebut Pemerintah Kota Bogor akan mengoptimalkan pelayanan masyarakat melalui Call Center dan SMS Gateway yang terintegrasi langsung dengan SKPD terkait. Sehingga semua keluhan yang ditampung oleh operator akan segera disampaikan ke SKPD terkait.v Call center ini pun rencananya akan di launching pada bulan November.(Lani/Sinthia<PKL)