Beranda >

Berita > Dedie Rachim Serahkan Bansos RTLH di Cilendek Barat, Ada 115 Penerima


31 Mei 2023

Dedie Rachim Serahkan Bansos RTLH di Cilendek Barat, Ada 115 Penerima

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih dan camat serta jajaran aparatur wilayah Bogor Barat menyerahkan bantuan sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan bantuan untuk percepatan penanganan stunting bagi warga Kelurahan Cilendek Barat.

"Di Kelurahan Cilendek Barat ada 115 penerima bansos RTLH dari total lebih dari 4.000 unit. Selama 5 tahun Pemkot Bogor menargetkan sebanyak 25 ribu dan sejak awal menjabat di periode kedua pada tahun 2019 sudah melebihi target yaitu 26 ribu unit rumah (RTLH). Ke depan kita tetap mendorong agar masyarakat terus memperhatikan keselamatan dan kelayakan rumah warga untuk terus dibantu oleh pemerintah," kata Dedie di Kantor Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Selasa (30/5/2023).

Adapun besaran bansos RTLH yang diterima warga ungkap Dedie bervariasi sesuai dengan tingkat prioritas dari kerusakan dan kebutuhan setelah di tinjau atau dianalisis oleh tim kelurahan setempat.

"Yang paling prioritas tentu mendapatkan nilai yang lebih tinggi dengan kondisi minimal rumah para penerima bansos RTLH," katanya.

Penyerahan bansos RTLH ini kata Dedie, ditujukan agar rumah tinggal warga menjadi lebih layak untuk ditinggali dan diharapkan bisa digunakan untuk sedikit perbaikan, khususnya wc pribadi atau atap rumah yang sangat rawan atau menimbulkan musibah jika tidak dibantu.

Hak alas yang jelas disebutkan  Dedie menjadi kriteria utama warga Kota Bogor untuk mendapatkan bantuan sosial RTLH. Berikutnya kondisi masyarakat yang menjadi prioritas penerima bansos, diantaranya tua tidak berdaya, buruh harian lepas yang sedang tidak bekerja dan sebagainya seperti kriteria bantuan PKH maupun yang lainnya.

"Karena distribusi dari bansos ini diperiksa, warga hanya mendapatkan sekali dalam satu tahun. Bisa diulang pengajuannya setelah dua tahun tentunya dengan kriteria-kriteria lainnya, seperti kedaruratan sehingga memungkinkan untuk diberi tambahan," jelasnya.

Kepala Disperumkim Kota Bogor, Juniarti Estiningsih menambahkan, bansos RTLH anggaran 2023  Kota Bogor secara keseluruhan berjumlah 4.363 dengan nilai Rp 45 miliar lebih.

Untuk Kecamatan Bogor Barat ada 935 BSP (Bantuan Sosial Perumahan) dengan anggaran Rp 9 miliar lebih dan 115 unitnya ada di Kelurahan Cilendek Barat dengan nilai Rp 1.098.020.000. Adapun nilai bansos RTLH terkecil adalah sebesar Rp 8,5 juta dan tertinggi adalah Rp 20 juta.

"Selain itu ada BSTT sebanyak 7 unit rumah dengan kondisinya yang mengancam jiwa dengan nilai rata-rata Rp 20 juta," kata Estiningsih yang mendampingi Dedie Rachim mengecek realisasi bansos RTLH di RT. 4 RW. 2 Kelurahan Cilendek Barat.(Prokompim).