Beranda >

Berita > Dedie Harapkan Produk Bogor Bisa Go Internasional


16 Desember 2019

Dedie Harapkan Produk Bogor Bisa Go Internasional

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menghadiri pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor periode tahun 2019-2024 di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Senin (16/12/2019) pagi. Pelantikan pengurus baru dilakukan Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian.

Dalam sambutannya, Dedie mengatakan, pada tahun 2020 mendatang akan ada hadir Gedung Pusat Ekonomi Kreatif Kota Bogor atau Bogor Kreatif Hub. Rencananya, gedung tersebut akan dimanfaatkan menjadi pusat para pelaku ekonomi kreatif, seperti ruang pelatihan kelas untuk para pelaku industri kreatif, selain dari pada ruang pertunjukan teater di dalamnya.

"Di Gedung Pusat Ekonomi Kreatif tersebut nantinya diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas para pelaku usaha industri kreatif agar bisa memasarkan produknya di pasar Internasional. Karena disitu saya melihat ada fasilitas yang dibangun oleh Pemprov Jabar dalam bentuk teater pertunjukan, ada kelas juga untuk coaching klinik tentang packaging, tentang design, tentang produk lokal, tentang pemasaran, yang diharapkan para pelaku isndustri kreatif bisa memasarkannya ke Internasional," ujarnya.

Selain itu, Dedie juga menuturkan, peluang produk lokal yang di pasarkan ke Internasional bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Pasalnya, peluang itu bisa saja terealisasi melalui pasar digital misalnya.

"Karena kemarin saya juga bertemu dengan Grup Olimpic City, ternyata pihak Olimpic merupakan salah satu perusahan yang ditunjuk oleh IKEA untuk menjadi salah satu pemasok barang IKEA yang dipasarkan ke Amerika dan Eropa. Jadi barangkali kalau kita bisa kerjasama dengan Grup Olimpic, kerajinan lokal, seperti interior yang kita miliki bisa juga dipasarkan ke Amerika dan Eropa melalui olimpik. Akan tetapi, pertanyaanya kita mampu atau tidak untuk mengarahkan kesana," paparnya.

Masih dilanjutkan Dedie, mengenai gedung Dekranasda yang berada di Jalan Binamarga, dalam waktu dekat bisa segera di operasionalkan. Terlebih, disampingnya ada gedung pusat kuliner binaan UMKM yang di lantai atasnya akan dijadikan sebagai Institute Kopi Bogor.

"Jadi, nanti disana akan menjadi satu area yang terintegrasi ya, seperti kulinernya, kerajinanya dan siapa tau juga bisa membangkitkan semangat para pengrajin Bogor, pelaku usaha industri menengah untuk berkiprah dalam menjual produk-produknya disana. Jadi, selamat untuk kepengurusan Dekranasda yang baru ini dan terima kasih juga kepada pengurus yang lama. Mudah-mudahan ikhtiar dan upaya besar ini terus membuahkan hasil yang positif untuk kemajuan ekonomi Kota Bogor kedepannya," harapnya.

Dalam kegiatan yang disaksikan oleh Dekranasda Provinsi Jabar ini pun turut dihadiri oleh Ketua POW Kota Bogor, Ketua DWP Kota Bogor, Ketua IKIAD/Istri Muspida Kota Bogor, Ketua IWAPI Kota Bogor, Ketua KCB Kota Bogor, para Kepala OPD, para Camat, dan para Lurah.

Dalam hal ini, Yane Ardian melantik Wakil Ketua Dekranasda Kota Bogor periode 2019-2024, Yantie Rachim, Ketua Harian Dekranasda dan Wakilnya, Ganjar Gunawan dan Endah Nurochmah Ade Sarip, berikut Sekretaris, Bendahara dan anggota dari berbagai bidang lainnya. (Humpro :Alif/Ryan/Indra-SZ)