Beranda >

Berita > Bogor-Tainan Jajaki Peluang Investasi


18 Oktober 2016

Bogor-Tainan Jajaki Peluang Investasi

Perwakilan Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei di Indonesia bertandang ke Vihara Dhanagun,Kota Bogor pada Selasa (18/10/2016) siang. Rombongan disambut langsung Wali Kota Bogor Bima Arya. Kedatangan delegasi tertinggi Taipei ke Kota Bogor ini sebagai awal penjajakan kerja sama Sister City antara Kota Bogor dan Kota Tainan.

Bima mengatakan, hubungan informal antara Kota Bogor dan Kota Tainan sudah berjalan melalui kunjungan delegasi Tainan saat perayaan Cap Go Meh. Saat ini perwakilan dari Tainan ingin meningkatkan hubungan menjadi sister city dalam berbagai bidang seperti ekonomi, budaya dan pendidikan. Pemkot Bogor menyambut baik kerja sama ini karena tidak hanya dengan Kota Bogor saja, namun juga ada kota lainnya yakni Surabaya dan Lombok. Sebelumnya Kota Tainan sudah dua kali berkunjung ke Kota Bogor dalam acara kebudayaan di perayaan Cap Go Meh. “Saya juga mendapat undangan mengunjungi Tainan dan kerja sama ini akan ditindaklanjuti Bagian Kerja Sama,” ujar Bima seusai pertemuan.

Pengurus Vihara Dhanagun Guntur Santoso mengatakan, rencananya akan dilakukan studi banding dalam berbagai hal antara Kota Bogor dan Kota Tainan. Tainan memiliki industri makanan yang besar, pertanian anggrek terbesar dan sangat tergantung pada industri makanan yang berbasis agriculture. Kerja sama dibidang pendidikan bisa dilakukan dengan keilmuan dalam menanam anggrek biotechnology yang sudah diaplikasikan di sana. “Bisa mengirim mahasiswa atau petani kita untuk belajar alih teknologi yang saling menguntungkan,” ujar Guntur.

Guntur menuturkan, perwakilan tertinggi dari Taipei ini yang nantinya akan menjembatani Indonesia dan Tainan. Taipei memang sedang menargetkan kota-kota besarnya memiliki hubungan kerja sama budaya dengan kota di Negara Asian salah satunya Indonesia untuk pengembangan budaya dan juga bisnis. Kota Bogor terpilih karena sudah mempunyai pengalaman kerja sama budaya Cap Go Meh dan ingin melanjutkan kerja sama dengan manfaat yang lebih. “Kunjungan pak wali ke sana nanti untuk melakukan penjajakan jadwalnya tergantung pak wali mungkin antara akhir tahun atau awal tahun,” pungkas Guntur (fla/indra/adit-eto)

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk