Beranda >

Berita > Peran Ibu-ibu Gerakkan Shubuh Berjamaah Sangat Berpengaruh


08 Juli 2018

Peran Ibu-ibu Gerakkan Shubuh Berjamaah Sangat Berpengaruh

Udara shubuh yang lebih dingin dari hari biasanya tidak menyurutkan semangat Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman untuk tetap melakukan Shubuh Keliling (Suling) di 68 Kelurahan. Kali ini, Masjid Besar Al Maidah yang berada di Jalan Raya Semplak, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor menjadi lokasi Suling, Minggu (08/07/2018) pagi.

Setibanya di lokasi, Usmar yang kali ini menggunakan peci putih, koko putih dan sarung berwarna coklat lengkap dengan sorban hitamnya tak langsung masuk ke Masjid. Dirinya berjalan ke arah taman yang tepat berada di samping Masjid untuk melihat-lihat. Tak lama, Usmar ditemani Kepala Inspektorat Kota Bogor Aim Halim Hermana yang memakai peci hitam, koko hitam, celana hitam dan pundak yang dibalut sorban merah hitam memasuki Masjid.

Seperti biasa, Usmar langsung menjalankan sholat sunnah dua rakaat. Satu persatu jamaah Shubuh pun baik jamaah laki-laki maupun perempuan mulai berdatangan hampir berjumlah 30 orang. Tepat Pukul 04.44 WIB Adzan Subuh Berkumandang dari Muadzin Masjid yang bersuara merdu. Selepas sholat sunnah, Sholat shubuh berjamaah pun terlaksana dengan khusyuk. Kemudian kegiatan dilanjut dengan dibukanya pengajian pertama setelah Idul Fitri.

Usmar mengatakan, terhitung sejak 2016 lalu program shubuh keliling di gerakan bersama dengan Komunitas Sahabat Shubuh. Shubuh berjamaah ini harus terus digelorakan di seluruh Masjid terutama bagi laki-lakinya. Jika shubuh hari ini ada tiga shaf maka kedepan harus bisa bertambah shafnya. Dan peran ibu-ibu juga sangat berpengaruh dengan membangunkan suami dan anak laki-lakinya untuk sholat shubuh di Masjid.

"Kami juga terus berupaya memberikan fasilitas bagi kemakmuran Masjid salah satunya lewat pelatihan Imam dan Khotib. Dan dengan Suling ini juga kami jadi bisa melihat secara langsung kehidupan ke-Islaman di setiap wilayah," ujarnya. (fla/hari-SZ)

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk