Beranda >

Berita > 250 Sertifikat Gratis Bagi Warga Kota Bogor


01 Juni 2016

250 Sertifikat Gratis Bagi Warga Kota Bogor

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor menyerahkan sertifikat gratis kepada 63 warga di 3 kelurahan.  Sertifikat tanah gratis dalam Program Nasional  (Pronas) tersebut  diserahkan secara simbolis oleh  Walikota Bogor, Bima Arya  Rabu (1/6/) di Jalan H. Ahmad Yunus RW 04, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanah Sareal.

Menurut Kepala BPN Kota Bogor, Yulia Jaya Nirmawati, Pronas ini merupakan tindak lanjut dari MBR yang dibayar dari CSR perusahaan. Namun permohonan yang masuk tidak sebanding dengan dana CSR yang ada. Tahun 2016 BPN Kota Bogor juga mendapat alokasi  dana APBN untuk memberikan 250 sertifikat tanah gratis bagi warga di Kota Bogor yang tanahnya tidak lebih dari 200 meter. “Selain itu penerima juga harus diusulkan Lurah dan tanahnya dikuasai sendiri serta  surat-suratnya lengkap,” ujar Yulia.

bpnj1

Penyerahan sertifikat ini  merupakan bagian dari target BPN Kota Bogor untuk mensertifikasi semua lahan. Juga sekaligus bertujuan membahagiakan warga di Hari Jadi Bogor ke-534. Sertifikat yang sudah didapat warga diharapkan dapat dijaga dengan baik. “Jangan sampai dipinjamkan karena sertifikat tanah sangat berharga,” katanya.

Sementara itu Bima memandang Pronas sebagai bentuk pengentasan kemiskinan. Sertifikat tanah gratis ini memfasilitasi warga yang perlu dibantu sehingga dapat meringankan beban mereka sekaligus meningkatkan kesejahteraan. “Kebijakan seperti ini harus menyentuh warga tidak mampu di samping menjadi kemeriahan tersendiri dalam rangka HJB,” katanya.

Mumun (58) salah satu penerima sertifikat menyatakan rasa syukurnya karena sudah memimpikan sertifikat tanahnya sejak lama. Ia belum  bisa membuat sertifikat untuk tanahnya seluas 160 meter karena biayanya lumayan mahal. "Mudah-mudahan sertifikat ini bisa menjadi manfaat untuk saya dan anak-anak saya," kata  warga Gang Masjid RT 02/06  Keluarahan Kedung Jaya tersebut. (fla/adit-Mor)