Beranda >

Berita > Jadi Ajang yang Dinanti, Raimuna Kota Bogor Diikuti 530 Peserta Pramuka


28 Juli 2016

Jadi Ajang yang Dinanti, Raimuna Kota Bogor Diikuti 530 Peserta Pramuka

Kwarting Cabang Kota Bogor melalui Dewan Kerja Kwartil menggelar Raimuna Cabang V Kota Bogor 2016 Rabu (27/7/2016) di Lapangan Sumurwangi Lamping, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Gelaran lima tahunan tersebut diresmikan langsung Ketua Kwarting Cabang Kota Bogor Ade Sarip Hidayat. Sebanyak 530 peserta pramuka dari Kontingen Kwartil Ranting enam kecamatan se-Kota Bogor mengikuti Raimuna Cabang V, mulai Rabu-Minggu, 27/31 Juli 2016.

Ketua Panitia Chairul Anam mengatakan, Raimuna Cabang V Kota Bogor 2016 merupakan program prioritas Kwarcab Kota Bogor bagi Golongan Pramuka Penegak dan Pandega yang hanya diselenggarakan satu kali dalam masa bakti kwartil. Tujuannya tak sekadar menjalin silahturahmi namun juga meningkatkan kemampuan serta keterampilan anggota pramuka penegak dan pandega. Pada kegiatan Raimuna Cabang V ini akan digelar berbagai kegiatan unggulan. Sebut saja Giat Kesakaan, Giat Keterampilan, Giat Siaga Bencana, Giat Wawasan dan Wisata, Giat Prestasi dan Giat Bindamping. "Jumlah pesertanya sebetulnya belum memenuhi target harapan sebanyak 768 orang," ujar Chairul.

Ketua Pembina Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, Raimuna ini hanya bisa diikuti satu kali seumur hidup oleh anggota penegak dan pandega. Meski begitu, panitia sudah mempersiapkan Raimuna ini dengan sangat khusus dan matang baik secara kuantitas dan kualitas. Arti dari kata Raimuna sendiri berasal dari bahasa Papua yang berarti pertemuan terbesar bagi anggota pramuka. Dari Raimuna anggota dapat meningkatkan semangat juang, berkarya dan melangkah kedepan untuk berperan aktif dalam pembangunan Kota Bogor. Hal tersebut tidak terlepas dari materi kegiatan pramuka yang mencakup edukasi, kreatifitas, inovasi, tanggung jawab sekaligus membentuk kebersamaan di Kota Bogor.  "Saya harap pramuka bisa memberi motivasi dan kesan positif kepada masyarakat dengan berprilaku santun, memelihara sanitasi agar semua kegiatan berjalan baik," jelas Ade.

Sementara itu, salah satu anggota pramuka Kwartil Bogor Timur Abdulah Hasan mengatakan, dirinya senang bisa mengikuti acara lima tahunan yang belum tentu bisa diikuti kebanyakan orang lain. Alasan ia mengikuti Raimuna ini pun untuk menambah jaringan pertemanan, wawasan dan pengalaman sembari mengetahui lebih dalam kegiatan Raimuna Cabang V. Siswa kelas XII MAN 2 Kota Bogor ini juga menyukai pramuka karena ada kebersamaan, kekompakan dan kekeluarga yang tidak ada di ekstrakulikuler lain. "Harapan saya kegiatan ini bisa sukses, pramuka lebih maju dan generasi mudanya berperan aktif dalam pembangunan Indonesia," pungkas Abdulah (fla/adit-eto)