Beranda >

Berita > Siap Mengharumkan Kota Bogor, 24 Atlet Pelajar Bertanding di O2SN Provinsi


01 Juli 2024

Siap Mengharumkan Kota Bogor, 24 Atlet Pelajar Bertanding di O2SN Provinsi

Sebanyak 24 atlet pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bogor yang tergabung dalam kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) siap berlaga mengharumkan Kota Bogor di tingkat Provinsi Jawa Barat pada 2-4 Juli di GOR Pajajaran, Bandung.

Mulai dari atlet, pelatih, dan official, semuanya siap berlaga untuk mengikuti kegiatan 02SN. Pun dengan serangkaian seleksi ketat dari tingkat Kecamatan hingga Kota telah mereka jalankan dengan baik.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari turut bangga kepada para atlet. Sebab, momen ini merupakan pengalaman sekaligus pembelajaran yang amat berharga.

“Semangat, motivasi, dan salam dari saya untuk semua. Semoga sukses dan mendapatkan prestasi yang diinginkan. Kegiatan ini penting karena selain untuk bakat dan minat sekaligus bisa menambahkan pengalaman, pembelajaran, dan pertemanan dari daerah lain," ucap Hery saat melakukan pelepasan secara simbolis di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Senin (1/7/2024).

"Prestasi yang diraih bisa dimanfaatkan untuk mengikuti proses pendaftaran pada pendidikan lebih lanjut melalui jalur prestasi,” sambungnya.

Kendati demikian, Hery tidak menuntut kemenangan atau perolehan juara. Pasalnya, ada hal yang lebih penting ketimbang itu semua, yakni sebuah pengalaman bertanding. Dengan pengalaman atlet mampu memperkuat karakter diri. Sehingga, bisa menghadapi kekalahan atau kemenangan dalam bertanding dan tidak kalah penting dapat menghadapi persoalan kehidupan.

“Itulah manfaat yang lebih besar ketimbang juara. Saya juga memiliki keyakinan para atlet Kota Bogor akan memberikan yang terbaik, hasil nomor dua. Kalau sudah usaha yang terbaik, biasanya hasil tidak membohongi proses. Tunjukkan kita atlet yang tangguh, disiplin, fokus berjuang di kesempatan yang ada,” kata Hery.

Pada momentum ini Hery berharap lahir atlet berprestasi Kota Bogor yang terpilih dan mampu mewakili Jawa Barat di O2SN maupun event olahraga tingkat nasional.

Sementara, bagi para pelatih dan official diminta Hery tidak terlalu menekan atlet agar mampu meraih hasil maksimal. Dan untuk para atlet diingatkan untuk meminta doa restu orang tua yang merupakan kekuatan lain bagi para atlet dalam bertanding.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik), Irwan Riyanto memohon doa restunya kepada masyarakat agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar, begitu juga untuk para atlet agar dapat memperoleh hasil maksimal.

"Mohon doa restu dan dukungan dari Bapak dan semua pihak agar mampu mengikuti kegiatan dengan baik dan lancar serta diharapkan memperoleh hasil maksimal,” kata Irwan.

Sebagai informasi, 24 atlet yang mewakili Kota Bogor dalam 02SN terdiri dari 12 atlet SD dan 12 atlet SMP. Adapun cabor yang diikuti adalah atletik, renang, pencak silat, karate, bulutangkis, dan cabor eksebisi yaitu taekwondo. (Prokompim)