Beranda >

Berita > PUPR Potong Kabel Melintang Sepanjang 3,6 KM


24 September 2024

PUPR Potong Kabel Melintang Sepanjang 3,6 KM

PUPR Potong Kabel Melintang Sepanjang 3,6 KM

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus melakukan upaya beautifikasi kota. Salah satunya adalah penataan kabel optik yang masih melintang di udara.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari didampingi Plt. Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Atep Budiman, melakukan pemotongan kabel yang masih menjuntai di Jalan Otista, Kecamatan Bogor Tengah.

Hery mengatakan bahwa PUPR sebelumnya juga sudah melakukan pemotongan kabel di Jalan Ahmad Yani hingga ke Air Mancur sepanjang 2,7 kilometer. Untuk fase berikutnya, kabel melintang di sepanjang Otista-Alun Alun-Balai Kota akan ikut ditata.

"Panjangnya sekitar 3,6 kilometer. Jadi ini tahap kedua dan mudah-mudahan kita lanjutkan terus untuk menata Kota Bogor agar terlihat lebih rapi, indah, sekaligus makin aman untuk pejalan kaki dan pengendara," ucap Hery, Senin (23/9/2024).

Solusi ducting atau penanaman kabel di tanah juga akan dilakukan, karena kabel udara sudah dianggap secara visual kurang baik. Begitu pula dari sisi keamanannya, sehingga jangan sampai menelan korban.

"Hari ini selesai, paling dalam dua hari ini. Tahun depan kita lanjutkan lagi sesuai dengan programnya. Ada kurang lebih 20 provider (yang memiliki kabel)," ungkap Hery.

Hery juga memastikan, sebelum dilakukan pemotongan kabel, Pemkot Bogor sudah melakukan koordinasi terlebih dahulu. Secara administrasi, diharapkan ke depan tidak ada yang melakukan keberatan dengan langkah itu.

"Jadi kabel yang dilakukan penataan sekarang ini memang sudah tidak berfungsi dan sudah ditanam di bawah. Yang tidak berfungsi kita rapikan," ujarnya.