Beranda >

Berita > Pasukan Pengibar Bendera di Tugu Kujang Diganjar Penghargaan


19 Oktober 2024

Pasukan Pengibar Bendera di Tugu Kujang Diganjar Penghargaan

Pasukan Pengibar Bendera di Tugu Kujang Diganjar Penghargaan

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari menyerahkan piagam penghargaan kepada peserta prosesi pengibaran dan penurunan bendera di Tugu Kujang dari 31 sekolah se-Kota Bogor, Jumat (18/10/2024).

Penyerahan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi setinggi-tingginya bagi para siswa pasukan pengibar bendera yang telah melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan bendera selama satu bulan penuh pada bulan Agustus di Tugu Kujang.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Bogor, kami mengucapkan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Panitia Festival Merah Putih, instansi TNI, Polri, OPD, BUMD, ormas, dan teristimewa kepada adik-adik pasukan pengibar bendera," ujar Hery di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor.

Hery mengatakan, kegiatan yang diinisiasi Festival Merah Putih (FMP) sejak tahun 2020 ini sudah menjadi agenda rutin yang hanya ada di Kota Bogor. Kegiatan upacara pengibaran dan penurunan bendera yang dilakukan setiap hari di tempat umum dengan melibatkan berbagai sekolah dan masyarakat ini patut dibanggakan, karena dapat menumbuhkan dan memupuk rasa cinta tanah air, walaupun hanya berlangsung dua menit.

"Hadirnya pimpinan dan tokoh masyarakat dalam acara ini menjadi bukti bahwa semangat persatuan dan nasionalisme masih menjadi kekuatan utama bangsa," kata Hery.

Tak hanya tokoh masyarakat yang hadir, masyarakat pun terlihat antusias mengikuti prosesi upacara baik di pagi maupun sore hari selama bulan Agustus. Ia juga berharap kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan menjadi kebanggaan bagi Kota Bogor.

"Sebagai masyarakat Kota Bogor, kita harus berbangga, karena kegiatan pengibaran dan penurunan bendera merah putih selama satu bulan penuh di bulan Agustus ini hanya ada di Kota Bogor, dan tidak ada di kota atau daerah lain," ucap Hery.

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan, Pemerintah Kota Bogor dan Panitia Festival Merah Putih memberikan piagam penghargaan kepada 31 sekolah di Kota Bogor yang telah berpartisipasi dalam prosesi pengibaran dan penurunan bendera selama 31 hari di Tugu Kujang.

"Terima kasih atas partisipasinya, kerja keras, dan dedikasi adik-adik pelajar Kota Bogor yang telah melaksanakan upacara pengibaran dan penurunan bendera dengan khidmat dan semangat kebangsaan. Semoga piagam penghargaan ini memberi manfaat dalam meniti karier dan mewujudkan cita-cita kalian di masa yang akan datang," katanya.