Beranda >

Berita > Kemendikbud Gelar Kuis Anak Indonesia Cerdas Berkarakter di Bogor


11 November 2018

Kemendikbud Gelar Kuis Anak Indonesia Cerdas Berkarakter di Bogor

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar kuis Anak Indonesia Cerdas Berkarakter tingkat Sekolah Dasar (SD) di Gedung Indoor A GOR Pajajaran, Kota Bogor, Minggu (11/11/2018).

Sebanyak 150 peserta atau masing-masing regu berjumlah 30 pelajar yang berasal dari 5 SD di Kota Bogor, yakni tim Merah dari SDN Semeru 1, tim Biru dari SDN Purbasari, tim Hijau dari SD Regina Pacis, tim Kuning dari SDN Tegallega 1 dan Tim Orange dari SDIT Aliya. Mereka saling berebut untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan pembawa acara Shahnaz Haque dan dinilai 3 orang dewan juri.

Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman yang hadir mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor merasa tersanjung, terharu dan sangat mengapresiasi atas dipilihnya Kota Bogor satu dari 18 Kota untuk kegiatan sejenis yang dilaksanakan Kemendikbud di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen).

“Kita patut berbangga karena Kota Bogor jadi lokasi untuk menguji. Ingat kuis ini mengenai aplikasi sehari-hari, seperti bagaimana bergaul dengan teman, lingkungan, hormat kepada orang tua dan mencintai guru, mencintai orang tua dan lainnya. Mudah-mudahan para peserta bisa menjawabnya,” katanya.

Tak hanya itu, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan cita- cita pembangunan di kota Bogor, yakni pembangunan karakter dan salah satu misi Kota Bogor ingin menjadikan Kota Bogor yang cerdas, sehat dan makmur. “Salah satu upaya untuk mewujudkan misi ini adalah melalui acara ini,” tuturnya.

Usmar juga berharap anak-anak ini bisa menjadi pewaris kepemimpinan di masa depan dengan lebih baik. “Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari Seja Ayeuna Sampeureun Jaga”. (Apa yang kita nikmati hari ini adalah apa yang diikhtiarkan para pendahulu kita, dan apa yang kita lakukan hari ini akan dinikmati oleh generasi masa depan).

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad menyebut, Kota Bogor adalah kota ke-18 setelah Kabupaten Bekasi yang ditunjuk sebagai lokasi acara kuis Anak Indonesia Cerdas Berkarakter. “Bahkan di Kota Bogor ini istimewa karena akan diproduksi 4 episode,” jelasnya.

Menurutnya, Kota Bogor sesungguhnya sudah bisa menjadi Kota yang baik dalam penerapan penguatan pendidikan karakter. “Jadi kami ingin Kota Bogor menjadi pioner kota yang Cageur, Bageur dan Pinter,” harapnya.

Dengan kecerdasan hati, kecerdasan emosional, spiritual dan kecerdasan intelektual serta dengan olahraga maka anak-anak di Kota Bogor khususnya dan umumnya di Indonesia akan hebat secara fisik dan berakhlakul karimah. “Insya Allah melalui kuisi ini bagian dari media dalam mencerdaskan bangsa,” ujarnya.

Dia menjelaskan, acara ini bagian dari pembelajaran di luar kelas dan nanti akan ada sesi kelompok agar terbangun soliditas, kolaborasi dan komunikasi yang baik. “Insya Allah kedepan kalian akan menjadi generasi yang bisa bersaing di generasi emas 2045,” katanya.

Turut hadir, Kadisdik Kota Bogor Fahrudin, Ketua PGRI Kota Bogor Basuki dan tamu undangan lainnya. (Humpro : SZ/Ismet)

 

 

Tambahkan Komentar
Nama :
Website :
Email :
Komentar :
Kode Verifikasi :
   
     
Komentar Masuk