Beranda >

Berita > Pemkot Bogor Gelar Kegiatan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE 2024


19 Oktober 2024

Pemkot Bogor Gelar Kegiatan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE 2024

Pemkot Bogor Gelar Kegiatan Penilaian Interviu Evaluasi SPBE 2024

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar kegiatan Penilaian Interviu Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) 2024 yang dilaksanakan di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Selasa (15/10/2024). Evaluasi ini bertujuan memperkuat tata kelola pemerintahan digital dan meningkatkan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Dalam sambutannya melalui zoom meeting, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari menegaskan pentingnya implementasi SPBE dalam menciptakan pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel.

“SPBE ini sangat penting bagi tata kelola pemerintahan yang efektif dan akuntabel, serta untuk membangun badan publik yang dipercaya oleh masyarakat,” ujarnya,

Hery menyampaikan bahwa Pemkot Bogor telah melakukan berbagai inovasi berbasis teknologi informasi, termasuk sistem informasi dan aplikasi web untuk layanan publik. Ia menambahkan, hasil indeks SPBE Kota Bogor pada tahun 2023 yang mencapai nilai 3,72 dari skala 5 membuktikan bahwa Kota Bogor berada di jalur yang tepat dalam meningkatkan pelayanan digital bagi masyarakat.

“Semoga tim SPBE Kota Bogor dapat merespons dan menjawab pertanyaan asesor dengan baik agar indeks SPBE kita dapat meningkat,” harapnya sekaligus menutup sambutan.

Sementara itu, asesor dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Fiftin Noviyanto menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi Pemkot Bogor dalam penerapan SPBE di lingkungan pemerintahan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memudahkan administrasi pemerintah dan meningkatkan pelayanan publik. Kami di sini untuk memvalidasi data yang sudah dikumpulkan pada tahap evaluasi sebelumnya agar lebih autentik dan sesuai,” jelas Fiftin.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat melaporkan indikator kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diwujudkan melalui aplikasi Bogor Single Window (BSW), sebuah platform yang akan mengintegrasikan seluruh aplikasi layanan di Kota Bogor.

“Bogor Single Window telah diluncurkan pada tahun 2023 dan akan menjadi rumah bagi 144 aplikasi yang ada di Kota Bogor. Selain itu, evaluasi rutin dilakukan oleh Sekda untuk memonitor jumlah aplikasi dan memastikan semua aplikasi bergabung ke dalam BSW,” ungkap Rahmat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menutup acara dengan mengucapkan terima kasih kepada tim evaluator atas masukan yang diberikan.

“Evaluasi ini sangat berharga bagi kami untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas penerapan SPBE di Kota Bogor. Tak lupa, kami juga akan menindaklanjuti masukan yang diberikan dan melengkapi data yang masih kurang dalam 5 hari ke depan,” katanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan Pemkot Bogor dapat terus meningkatkan implementasi SPBE untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih efektif dan pelayanan publik yang semakin baik di era digital.