Beranda >

Berita > BPS Kota Bogor Segera Canangkan Kelurahan Pamoyanan Jadi Kelurahan Cinta Statistik


28 Agustus 2024

BPS Kota Bogor Segera Canangkan Kelurahan Pamoyanan Jadi Kelurahan Cinta Statistik

BPS Kota Bogor Segera Canangkan Kelurahan Pamoyanan Jadi Kelurahan Cinta Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bogor segera mencanangkan Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) yang kedua di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan. Hal ini diketahui usia BPS Kota Bogor melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah di Paseban Surawisesa, Balai Kota, Selasa (27/8/2024).

"Pencanangan Kelurahan Cantik di Kelurahan Pamoyanan merupakan kelurahan kedua di Kota Bogor yang masuk dalam pilot project Kelurahan Cantik," ujar Kepala BPS Kota Bogor, Gandari Adianti.

Gandari mengatakan, program Kelurahan Cantik merupakan program yang diinisiasi BPS dan didukung Bappenas. Program yang sudah dimulai sejak 2022 ini berfokus pada pembinaan tata kelola data di tingkat kelurahan.

Pihaknya menyadari perencanaan dan kebijakan pemerintah daerah, kementerian atau lembaga sangat bergantung pada data yang ada di tingkat terkecil yakni kelurahan.

"Jadi melalui program Kelurahan Cantik ini, kami membina kelurahan untuk mengumpulkan data dan mengelola data secara baik," kata dia.

Ia menerangkan, data di kelurahan kerap kali terpencar-pencar sesuai dengan bidang atau bagiannya. Melalui program Kelurahan Cantik ini data-data ini disatukan menjadi satu data besar dan lengkap.

Dengan tata kelola data yang baik, rapi, berkualitas dan sesuai dengan kaidah-kaidah statistik yang berlaku, data jadi lebih mudah dicari ketika diperlukan serta akan menjadi modal kuat bagi perencanaan pembangunan di Pemerintah Daerah.