Beranda >

Berita > Bogor Innovation Award (BIA) Kota Bogor tahun 2024 Resmi Dibuka


05 September 2024

Bogor Innovation Award (BIA) Kota Bogor tahun 2024 Resmi Dibuka

Bogor Innovation Award (BIA) Kota Bogor tahun 2024 Resmi Dibuka

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bogor, Rakhmawati mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari secara resmi membuka Bogor Innovation Award (BIA) tahun 2024, Rabu (4/9/2024). Kegiatan yang diikuti 209 peserta ini merupakan wadah bagi para inovator, pemikir kreatif dan seluruh pihak yang peduli pada kemajuan teknologi dan pengembangan ide-ide baru.

“Acara ini sangat luar biasa. Diharapkan pelaksanaanya di tahun-tahun depan bisa lebih meriah lagi. Di sinilah ide-ide segar keluar dan bertemu dengan kreativitas berpadu teknologi untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa," ucap Rakhmawati.

Dirinya menambahkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengapresiasi atas dukungan semua pihak, baik peserta maupun yang lainnya lantaran telah terselenggaranya kegiatan yang penuh dengan kreativitas ini.Rakhmawati mengatakan, bahwa Inovasi adalah jantung bagi masyarakat modern di tengah era digitalisasi dan globalisasi. Kemampuan berinovasi tidak hanya menjadi nilai tambah tapi sudah menjadi kebutuhan yang mendesak karena itu BIA memiliki arti yang sangat penting.

“Harapannya kita semua bisa belajar, berbagi dan saling menginspirasi serta bisa berkolaborasi. Untuk itu bersama-sama mari jadikan ini sebagai titik tolak untuk menciptakan inovasi-inovasi yang mampu berdampak secara nyata bagi masyarakat dan bangsa,” ucapnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Bogor, Rudy Mashudi menyampaikan dari 209 peserta yang hadir, terdiri dari 33 pelajar SMP, 44 pelajar SMA, 41 perguruan tinggi dan peneliti, unsur masyarakat atau komoditas sebanyak 26 peserta dan ASN sebanyak 65 peserta.

Adapun bidang yang dilombakan adalah energi terbarukan, transportasi ramah lingkungan, pangan dan agribisnis, teknologi informasi komunikasi, lingkungan hidup, pendidikan, kesehatan dan ekonomi kreatif.

Total hadiah untuk BIA 2024 berjumlah 126 juta rupiah dengan penilaian dibantu para juri kompeten dari unsur pentahelix, diantaranya terdiri dari BRIN, BP2D Jabar, Pemkot Bogor dan IPB.

“Jumlah peserta meningkat dibanding tahun 2023 yang diikuti 134 peserta. Para pemenang pada tahun-tahun sebelumnya, yang telah difasilitasi terkait hak kekayaan intelektualnya ada 28 pemenang,” kata Rudy.

Selain bertujuan untuk mendorong terwujudnya ekosistem inovasi dan kreativitas di Kota Bogor, Pemkot Bogor berupaya memberikan ruang-ruang agar tercipta inovasi dan kreativitas di Kota Bogor.

Sebagai informasi, palaksanaan BIA Kota Bogor tahun 2024 turut disaksikan perwakilan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang, Pangandaran, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Cianjur.