Beranda >

Berita > Pj Wali Kota Bogor Beri Arahan di Pertemuan Rutin Tim Penggerak PKK


06 September 2024

Pj Wali Kota Bogor Beri Arahan di Pertemuan Rutin Tim Penggerak PKK

Pj Wali Kota Bogor Beri Arahan di Pertemuan Rutin Tim Penggerak PKK

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor menggelar pertemuan rutin di Kantor Sekretariat TP PKK Kota Bogor, Jalan Semboja, Jumat (6/9/2024). Turut hadir Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari. Dalam pertemuan tersebut ia memberikan beberapa evaluasi serta motivasi kepada puluhan anggota TP PKK Kota Bogor.

Hery menyampaikan, berbagai program dan kegiatan PKK sejauh ini telah berjalan dengan baik dan lancar. Kendati demikian, ia mengingatkan bahwa evaluasi menyeluruh terhadap program kerja yang telah berjalan tetap harus dilaksanakan. Bukan tanpa alasan, hal ini penting agar program yang disusun dapat lebih efektif, tepat arah, dan tepat sasaran, serta berdaya dan berhasil, guna secara optimal dan mampu merumuskan program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

Selain itu, semua kegiatan dan program Pemkot Bogor yang telah dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup keluarga yang berdaya dan sejahtera, baik dari aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial budaya.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh jajaran tim penggerak PKK, mulai dari tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan yang sudah bekerja keras menjadi mitra pemerintah daerah dalam pelaksanaan program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di semua sektor," ujar Hery.

Ia menambahkan, pertemuan rutin PKK ini menjadi momentum untuk berdiskusi, berkoordinasi dan berkolaborasi dengan dinas terkait yang mengampu kegiatan dalam program kerja sesuai dengan kebutuhan Pokja PKK Masing-masing. Sekaligus meningkatkan komitmen, memantapkan dan mengevaluasi program serta menyamakan persepsi PKK kecamatan dan kelurahan.

"Saya ingin setiap pelaksanaan kegiatan PKK selalu berkolaborasi dan bersinergi dengan OPD terkait dalam menentukan strategi dan arah kebijakan, termasuk untuk menyelesaikan masalah-masalah yang menjadi isu strategis seperti penurunan angka stunting dan penguatan ekonomi masyarakat di Kota Bogor," ucap Hery.

Dilihat dari tugas dan fungsinya Tim Penggerak PKK memiliki peran sangat mendukung dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Bogor. Hal ini dapat terlihat dari rencana program PKK yang mengacu pada agenda pembangunan RPJMN Tahun 2020-2024. Dari tujuh agenda pembangunan, empat agenda menjadi panduan dalam pelaksanaan sepuluh program PKK, yakni memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas, revolusi mental, memperkuat pelayanan dasar dan membangun lingkungan hidup.

"Dalam upaya mendukung pelaksanaan program-program PKK, Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) memfasilitasi anggaran kegiatan PKK Kota Bogor 2024 sebesar Rp. 663 juta," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bogor, Dody Ahdiat mengatakan, pertemuan rutin ini merupakan agenda bulanan yang bertujuan untuk melakukan konsolidasi antara pengurus TP PKK Kota Bogor baik di tingkat kecamatan sampai kelurahan sembari memantapkan program-program kerja yang akan dilaksanakan.

“Sejauh ini program-program PKK di tingkat kota sudah selesai sampai 60 persen. Beberapa kegiatan yang tersisa antara lain adalah Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan tiga kegiatan lainnya di Pokja 4. Sisa kegiatan PKK ini ke depannya akan sangat banyak dan padat sekali," imbuhnya.