Beranda >

Berita > HLUN Kota Bogor, Semangat Gotong Royong Wujudkan Keberpihakan Kepada Lansia


08 September 2024

HLUN Kota Bogor, Semangat Gotong Royong Wujudkan Keberpihakan Kepada Lansia

HLUN Kota Bogor, Semangat Gotong Royong Wujudkan Keberpihakan Kepada Lansia

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Bogor bekerja sama dengan multi pihak, menyelenggarakan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Bogor di Grand Savero Hotel, Sabtu (7/9/2024). Kegiatan ini merupakan semangat gotong royong mewujudkan keberpihakan kepada Lanjut Usia (Lansia). Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas diselenggarakannya HLUN tingkat Kota Bogor 2024 dengan semangat gotong royong, kolaborasi pentahelix.

Dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 88 tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan yang Melandasi Aksi Nasional dan Peraturan daerah (Perda) Kota Bogor Nomor 9 tahun 2023, menunjukan bahwa pemerintah memberikan perhatian khusus kepada lansia.

"Hal ini selaras dengan tema HLUN 2024 Lanjut Usia Terawat Indonesia Bermartabat, tema ini mempunyai makna bahwa negara dari tingkat pusat sampai daerah hadir dalam menghormati dan menghargai kaum lansia dalam situasi apapun," ucap Hery.

"Dalam rangka pembangunan lansia, ini memerlukan kolaborasi dan peran semua elemen dengan sinergitas yang terjalin antar pihak, sehingga kita optimis dapat mewujudkan lansia yang sehat, mandiri sejahtera dan bermartabat," sambung Hery.

Ketua Pelaksana sekaligus Plh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Riset Daerah (Bapperida) Kota Bogor, Agnes Andriani Kartika Sari mengatakan kegiatan ini diikuti oleh 500 peserta dari lansia di enam kecamatan se-Kota Bogor.

"Dengan semangat gotong-royong dan para pelaku dunia usaha sebagai bentuk nyata implementasi konsep kerja multi pihak. Keberpihakan kepada isu lansia di Kota Bogor juga sudah diwujudkan dalam penyusunan RKPD tahun 2025 dengan Musrenbang tematik yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2023," katanya.

Hasil dari Musrenbang yang sudah diwujudkan diantaranya, aspirasi usulan penyediaan Taman Lansia yang sudah diwujudkan di Jalan Malabar, realisasi layanan prioritas oleh Imigrasi untuk layanan keimigrasian bagi lansia, serta mendorong seluruh layanan rumah sakit di Kota Bogor untuk menyediakan layanan prioritas.

Dalam kesempatan ini pihaknya juga memberikan terima kasih kepada pihak yang mendukung dan menjadi sponsorship diantaranya, Perangkat Pemerintah Daerah Kota Bogor, Nutri Food Indonesia, Bank Kota Bogor, BJB, Grand Savero Hotel, PT Taspen Cabang Bogor, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Perumda Tirta Pakuan, Haleon Health Partner.

Sebagai informasi, HLUN tingkat Kota Bogor 2024 diawali dengan pemeriksaan kesehatan gratis, senam sehat bersama, seminar kesehatan lansia, talkshow kesempatan umroh bagi lansia, kemandirian ekonomi, kick off peraturan Wali Kota (Perwali) Bogor tentang Perlindungan Lanjut Usia, kuis, pemberian penghargaan kepada pihak yang mendukung HLUN 2024, pemberian hadiah kepada pemenang lomba reels 'Nyaah ka Kolot', dan penyerahan bantuan dari Dinas Sosial, serta beragam kegiatan lainnya.