Beranda >

Berita > Pj Wali Kota Puji Inovasi Lomba Bogorku Bersih


09 Oktober 2024

Pj Wali Kota Puji Inovasi Lomba Bogorku Bersih

Pj Wali Kota Puji Inovasi Lomba Bogorku Bersih

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, didampingi para juri lomba 'Bogorku Bersih 2024' melakukan penilaian final lomba tersebut di dua lokasi, yaitu Taman Yasmin, RT 02 RW 09, dan RT 01 RW 09, Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat, yang masuk dalam kategori perumahan teratur. Pengelolaan sampah, pemanfaatan fasilitas umum untuk menunjang kebersihan, pelestarian tumbuhan yang bermanfaat sebagai obat, dan lain sebagainya ditinjau langsung oleh Hery bersama para juri, termasuk melihat inovasi warga yang juga menjadi bahan penilaian.

Hery menilai bahwa lomba Bogorku Bersih merupakan inovasi luar biasa Kota Bogor yang telah membuahkan piala Adipura. Lomba ini memicu dan menstimulasi inisiatif warga Kota Bogor dalam berinovasi menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Dari tempat yang pernah saya datangi untuk bertugas, baru di Kota Bogor saya melihat lomba ini. Kota yang bisa mengelola semacam Bogorku Bersih menjadi perlombaan antar kawasan, antar wilayah tentang kebersihan, penataan kawasan, perumahan, persampahan, dan seterusnya,” jelas Hery usai penilaian, Selasa (8/10/2024).

Hery menambahkan, jika semua lapisan di Kota Bogor sudah bergerak bersama dan berpartisipasi dalam upaya menjaga kebersihan, penghargaan yang paling 'ultimate' adalah pengakuan dari masyarakat dan kesehatan Kota Bogor.

“Adipura jangan dijadikan tujuan, namun kalaupun nanti ternyata mendapatkan Adipura, Alhamdulillah, itu bonus. Harapan saya ini terus dipertahankan,” ucap Hery.

Wakil Penanggung Jawab Bogorku Bersih, Gatut Susanta, menyebutkan bahwa kemandirian masyarakat dalam mengelola lingkungan dan sampah menjadi aspek yang disorot para juri dalam penilaian akhir.

Sejumlah indikator yang menjadi penilaian antara lain adalah aspek urban farming yang dilakukan warga dalam memanfaatkan lingkungan, sanitasi, pengelolaan sampah organik dan anorganik, serta inovasi yang dilakukan dalam memanfaatkan sampah dan lingkungan.

Setelah penilaian selesai dilaksanakan, rencananya pengumuman pemenang Lomba Bogorku Bersih 2024 akan dilaksanakan pada 8 November 2024 dalam acara Awarding Bogorku Bersih.

Sebagai informasi, Lomba Bogorku Bersih 2024 merupakan gelaran ke-9 yang dibagi menjadi 6 kategori, di antaranya Pemukiman Teratur, Permukiman Swadaya, Pemukiman Tepi Sungai, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), SD, dan SMP. Kurang lebih sebanyak 810 RT di Kota Bogor turut ambil bagian.