Beranda >

Berita > Kontingen GSI Jabar Tampil di Nasional, Ini Pesan Pj Wali Kota Bogor


14 Oktober 2024

Kontingen GSI Jabar Tampil di Nasional, Ini Pesan Pj Wali Kota Bogor

Kontingen GSI Jabar Tampil di Nasional, Ini Pesan Pj Wali Kota Bogor

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari resmi melepas kontingen Gala Siswa Indonesia (GSI) Provinsi Jawa Barat dalam apel pagi di Plaza Balai Kota, Senin (14/10/2024).

Secara simbolis, Hery melepas kontingen GSI Jawa Barat menuju GSI tingkat nasional 2024 yang dilaksanakan pada 14-27 Oktober 2024 di Jakarta. Para kontingen terdiri dari para siswa SMP Kabupaten/Kota yang telah melewati tahap seleksi dalam ajang GSI tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Purwakarta pada 25-30 Juli 2024 dan dilanjut dengan training center (TC) yang dilaksanakan sejak Agustus 2024 hingga keberangkatan.

Kepada tim GSI Provinsi Jawa Barat, Hery berpesan untuk berusaha meraih hasil maksimal dan tetap menjaga karakter pelajar Jawa Barat yang terkenal santun. Dalam pesan yang disampaikan secara khusus, Hery menegaskan untuk tidak terpancing provokasi atau hal-hal yang dapat merusak usaha dan target yang ingin dicapai, atau yang bisa menurunkan kualitas pertandingan.

“Titip, jaga karakter anak muda, pelajar Jawa Barat yang dikenal santai tapi tetap asyik dan terus memberikan yang terbaik. Jauhkan diri dari distraksi atau pancingan emosi. Tunjukkan kualitas sepakbola Jawa Barat melalui GSI nasional,” ucap Hery.

Ia menambahkan, mewakili Pemprov Jawa Barat, Pemkot Bogor, maupun para orang tua, menyampaikan apresiasi. Menurut Hery, nilai dasar olahraga adalah sportivitas.

"Bangun jiwa kompetisi yang positif. Perluas network (jaringan) serta bangun silaturahmi yang baik dengan kontingen dari provinsi lain,” kata Hery.

Wakil Ketua Askot PSSI Kota Bogor, Atep Budiman, berharap tim GSI Jawa Barat yang 60 persen terdiri dari siswa SMP Kota Bogor, mampu meraih juara pertama di GSI tingkat nasional tahun 2024.

“Targetnya, juara. Pada tahun 2019, Kota Bogor yang mewakili GSI Jabar pernah meraih prestasi juara ketiga tingkat nasional. Semoga tahun 2024 lebih baik, bisa juara dua. Syukur kalau bisa juara satu,” ucap Atep.

Sebagai informasi, GSI merupakan program pengembangan talenta cabang olahraga sepak bola yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional secara berjenjang dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, provinsi, hingga tingkat nasional.

Kontingen GSI Jawa Barat tahun 2024 terdiri dari 18 siswa yang merupakan talenta muda sepak bola usia SMP. Kota Bogor diwakili oleh sembilan siswa, Kota Bandung enam siswa, dua siswa dari Kota Cirebon, dan satu siswa perwakilan dari Kabupaten Purwakarta, serta didampingi empat official.