Beranda >

Berita > Capacity Building, Upaya Pemkot Bogor Tingkatkan Kapasitas ASN


15 Oktober 2024

Capacity Building, Upaya Pemkot Bogor Tingkatkan Kapasitas ASN

Capacity Building, Upaya Pemkot Bogor Tingkatkan Kapasitas ASN

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar capacity building bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hotel Green Peak Puncak, Kabupaten Bogor, Senin (14/10/2024) sore. Kegiatan peningkatan kualitas ASN di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor ini dihadiri para kepala OPD, BUMD, kepala bagian, camat hingga lurah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari, mengatakan bahwa peningkatan kapasitas ASN ini adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan. Karena bisa jadi, banyak dari ASN yang sudah lama tidak mendapatkan pembekalan seperti ini.

"Seperti kompetensi manajerial atau teknis dan soft skill. Contohnya, tentang kapasitas mengenai critical thinking atau digital leadership misalnya yang harus dipahami," kata Hery.

Untuk itu, peningkatan kompetensi dalam bentuk capacity building ini diharapkan tidak berhenti. Secara estafet, kata Hery, peningkatan ini wajib dilakukan apalagi menjelang masa pensiun. Pasalnya, banyak fenomena yang harus dipahami di berbagai situasi.

"Banyak yang terpeleset hanya karena gagal mempelajari itu semua. Maka forum-forum seperti ini yang bisa kita ambil," ujarnya

Peningkatan model seperti ini, masih kata Hery, bukan hanya untuk diri sendiri. Namun juga agar tidak tergilas dengan hal dan situasi seperti itu.

"Kepada seluruh kepala OPD, mari kita fokus dan konsentrasi. Bentuk komunikasi yang baik lewat forum seperti ini," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala BKPSDM Kota Bogor, Herry Karnadi menjelaskan, capacity building ini rutin dilakukan setiap tahunnya untuk memberikan kemampuan teknis dan spiritual, perilaku, dan sikap untuk ASN di Kota Bogor.